Friday, September 9, 2016

Awas! Password Sangat Gampang Dicuri


Mencuri password akun milik orang lain memang terdengar menyerupai sesuatu yang sulit dilakukan. Ternyata, hal itu gampang dilakukan dengan kehadiran jasa pencurian password. 

Sejumlah orang di Rusia, menyediakan jasa pencurian password. Layanan ini mengatakan phising di situsnya yang berjulukan Fake-Game. Situs tersebut sudah online lebih dari setahun dengan jumlah pengguna aktif sebanyak 60 ribu.

Seperti dilaporkan peneliti keamanan Fortinet, selama setahun lebih sudah 700 ribu password yang dicuri memakai layanan ini. Jadi, para pengguna layanan tersebut tak perlu menciptakan situs palsu untuk menipu orang semoga memasukkan nama akun dan passwordnya. 

Seperti dikutip dari The Next Web, Rabu (7/9/2016), pengguna cukup menentukan situs yang yang ingin ditiru dan mengambil alamat situs tiruan tersebut. Selanjutnya, si pengguna perlu mengatakan alamat tersebut ke calon korban. Dari sini, barulah Fake-Game akan mengatakan notifikasi jikalau data si korban sudah dicuri. Bisnis ini pun menghasilkan uang yang tidak sedikit.

"Tiap gosip hasil curian dapat dijual mulai dari USD 0,015 hingga USD 15,39 dengan kondisi nilai tukar ketika ini," tulis Fortinet.

Untuk itu, pengguna internet perlu ekstra hati-hati sebelum memasukkan informasi-informasi langsung ke dalam sebuah situs. Cara paling gampang untuk menghindari hal tersebut yaitu dengan memastikan alamat situs yang dikunjungi sebelum memasukkan gosip nama akun dan password.

Sumber : www.detik.com

No comments:

Post a Comment