Tuesday, July 12, 2016

Cara Berguru Autocad Dengan Mudah


Mendengar kata autocad niscaya sebagian dari anda sudah familiar dengan kata itu. Khususnya bagi pelajar kejuruan ataupun mahasiswa teknik sipil. Setiap pelajar gres tentu harus belajar autocad karena memang kegiatan ini sangat menunjang untuk kegiatan berguru mengajar maupun dunia kerja. Dari yang pemula hingga profesional pun masih memakai kegiatan ini. jadi bagi anda yang masih pemula untuk belajar autocad jangan khawatir alasannya ialah saya akan memperlihatkan panduan yang lengkap terang dan gampang untuk dimengerti. Sebelum kita ke cara memakai autocad ada baiknya kita mengenal terlebih dahulu apa itu autocad sebenarnya. Software ini merupakan produk dari autodesk yang dipakai untuk menggambar dengan cepat yang berbasis garis. Autodesk tidak hanya mempunyai Autocad saja namun ada yang lain juga ibarat Autodesk Land dekstop yang dipakai khusus untuk menggambar kontur tanah. produk yang lain ialah civil design yang dipakai untuk merencanakan pekerjaan-pekerjaan sipil. Program autocad sangat berbeda dengan kegiatan grafis lainnya ibarat corel dan adobe. Perbedaan utamanya ialah anda bekerja tidak memakai toolbar pada autocad jadi anda memakai perintah (command) khusus pada keyboard semoga cepat. Pada tamat dari artikel ini anda sanggup mendownload command-command dasar untuk menggambar.
Seberapa pentingkah belajar autocad bagi anda? jawabannya ialah sangat penting. Untuk ketika ini perkembangan teknologi yang sangat pesat memperlihatkan imbas bagi semua sektor. Khususnya pada sektor civil engineering. Tuntutan kerja seorang insinyur ialah pekerjaan yang cepat dan sempurna serta sanggup dipertanggung jawabkan. Autocad sering dipakai oleh konsultan perencana, kontraktor, drafter, dan sebagainya. drafter ialah orang yang mempunyai keahlian dalam menggambar 2 dimensi bangunan dan mempunyai job deskripsi merevisi segala gambar kerja di proyek. Berbicara duduk kasus proyek, setiap orang yang bekerja diproyek selalu dikejar dengan deadline atau batas waktu proyek. Dalam hal ini kecepatan seorang drafter sangat diperlukan. Dengan derma kegiatan autocad maka tidak ada yang mustahil. Apakah anda berminat menjadi drafter? Anda tidak harus terlebih dahulu sekolah yang tinggi untuk sanggup mempelajari semua. alasannya ialah saya akan memperlihatkan panduan belajar autocaduntuk pemula yang sangat gampang untuk dipelajari. 
Langsung saja buka kegiatan autoccad anda sanggup memakai versi 2008 atau 2009 atau berapa pun. Usahakan di atas 2007 ya. Yang pertama kali anda perhatikan ialah cara instal terlebih dahulu. saya tidak akan mempermasalahkan anda akan memakai software orisinil atau bajakan. Yang terang pastikan kegiatan sanggup berjalan dengan lancar ketika menggunakannya.

  1.  Apabila anda gres pertama kali memakai autocad atau gres saja diinstal maka silahkan lewat kegiatan pada windows klik icon autocad untuk membuka. 
  2. Lakukan pengaturan awal Start up. caranya ialah ketik startup (spasi) maka akan keluar pada command ibarat pada kotak merah gambar di bawah ini. ketik angka 1 pada command kemudian spasi atau enter. Oya pada kegiatan autocad untuk fungsi tombol Enter dan spasi pada keyboard sama. anda sanggup memakai Spasi ataupun enter.
  3. Close kegiatan autocad terlebih dahulu. Lalu buka lagi kegiatan ini.
  4. Pada ketika anda membuka kembali maka muncul pengaturan pop up untuk startup. Ya fungsi dari command startup tadi ialah semoga setiap masuk ke kegiatan selalu muncul pengaturan ini. 
  5. Ada empat hidangan pilihan yaitu open drawing (jika anda sudah punya file gambar autocad), default setting, use template, dan use wizard. Sebagai pemula seorang calon insinyur maka saya sarankan pilih yang use wizard
  6. Pada Use wizard anda harus menentukan salah satu advanced setup atau quick setup. Untuk pekerjaan non bidang sipil sanggup memakai quick setup alasannya ialah tidak banyak yang diatur. Tapi kalo untuk pekerjaan sipil misal menciptakan kontur tanah dll. Pilih advanced setup.
  7. Pada pengaturan advanced pertama ialah pengaturan unit pilih Decimal dan Precision0.00 klik Next
  8. Pengaturan Angle. Pilih Deg/min/sec dengan precision 0d00'00" lalu klik Next.
  9. Pada pengaturan angle measure. Pilih North yang artinya 0 derajat dimulai dari arah utara . klik Next
  10. Pengaturan angle direction. Pilih Clockwise agar arah sudut searah jarum jam. Lalu next
  11. Pengaturan area. anda bebas memilih. misalkan gunakan aja widh 1000 dan length 1000 klik Finish
  12. Untuk pengaturan awal selesai. saatnya mulai menggambar.
sebelum anda mulai menggambar ada baiknya mengenal terlebih dahulu command apa saja yang dipakai untuk menggambar. walaupun bahwasanya di dalam toolbar ada perintah semua namun untuk belajar autocad lebih baik eksklusif memakai command pada keyboard. sebagai pola misal anda akan menciptakan garis bebas. Ketik L (spasi) kemudian klik pada area gambar kemudian tarik hingga ujung dari garis yang ingin anda buat kemudian klik lagi dan spasi. 

 Apabila ingin menciptakan garis yang lurus horizontal atau vertikal sebelum anda mengetik command L, aktifkan dulu ortho dengan cara tekan F8 pada keyboard. Untuk mengembalikan tekan lagi F8.

Apabila anda ingin menciptakan lingkaran, persegi, memberi warna, menciptakan garis lengkung dan sebagainya. anda harus menghafal terlebih dahulu commandnya. intinya command tersebut berasal dari singkatannya saja misalkan menciptakan garis memakai command L spasi kepanjangan dari Line. Membuat bundar memakai C spasi kepanjangan dari circle.Belajar autocad dangat gampang dilakukan apabila anda ulet berlatih. otomatis akan menghafal command-command tersebut. Seperti yang sudah saya janjikan anda sanggup mendownload panduan gampang untuk command autocad di bawah ini.



No comments:

Post a Comment