Friday, October 7, 2016

Tanya Jawab Seputar Hizbut Tahrir (1)


Apa itu Hizbut Tahrir?
Hizbut Tahrir yaitu organisasi politik Islam global yang didirikan pada 1953 di bawah pimpinan pendirinya – seorang ulama, pemikir, politisi ulung, dan hakim Pengadilan Banding di al-Quds (Yerusalem), Taqiuddin an-Nabhani. Hizbut Tahrir beraktivitas di seluruh lapisan masyarakat di Dunia Islam mengajak kaum Muslim untuk melanjutkan kehidupan Islam di bawah naungan Negara Khilafah.
Hizbut Tahrir beraktivitas di seluruh dunia Islam untuk memperkuat komunitas Muslim yang hidup secara islami dalam pikiran dan perbuatannya, dengan terikat pada hukum-hukum Islam dan membuat identitas Islam yang kuat. Hizbut Tahrir juga beraktivitas gotong royong komunitas Muslim di Barat untuk mengingatkan mereka semoga menyambut undangan usaha mengembalikan Khilafah dan menyatukan kembali umat Islam secara global. Hizbut Tahrir juga berupaya menjelaskan gambaran Islam yang positif kepada masyarakat Barat dan terlibat dalam obrolan dengan para pemikir, pembuat kebijakan dan akademisi Barat.
Mengapa Hizbut Tahrir menyebut dirinya sebagai “partai politik Islam”?
Berbeda dengan tradisi sekular, dalam Islam tidak ada dikotomi antara agama dan politik. Aktivitas yang Hizbut Tahrir lakukan yaitu kegiatan politik, alasannya yaitu dengan kegiatan ini Hizbut Tahrir berupaya memelihara kemaslahatan umat sesuai dengan hukum-hukum dan solusi-solusi Islam; Islam memandang politik sebagai kegiatan memelihara kepentingan masyarakat dengan aturan dan solusi Islam.
Apa metodologi Hizbut Tahrir?
Hizbut Tahrir mengadopsi metodologi yang dipakai oleh Nabi Muhammad saw untuk mendirikan Negara Islam pertama di Madinah. Nabi Muhammad saw membatasi kegiatan penegakan Negara Islam pada ranah intelektual dan politik. Beliau saw mendirikan negara Islam tanpa menempuh jalan kekerasan. Beliau saw berjuang memobilisasi opini publik semoga mendukung Islam dan berupaya mensugesti kelompok elit intelektual dan politik pada masanya. Meskipun mengalami bermacam-macam penyiksaan dan pemboikotan, Nabi Muhammad saw dan golongan Muslim perdana tidak pernah mengambil jalan kekerasan.
Kami mengadopsi usaha intelektual dan politik ini alasannya yaitu kami yakin ini merupakan jalan yang benar dan efektif untuk menegakkan kembali Khilafah Islam. Karena itu, Hizbut Tahrir secara proaktif membuatkan pemikiran-pemikiran Islam, baik yang bersifat intelektual maupun politik, secara luas di masyarakat-masyarakat Muslim sembari menantang status quo yang ada.
Hizbut Tahrir menyuarakan Islam sebagai jalan hidup yang komprehensif yang bisa menangani seluruh urusan bermasyarakat dan bernegara. Hizbut Tahrir juga mengemukakan pandangan-pandangannya terhadap peristiwa-peristiwa politik dan menganalisisnya dari perspektif Islam.
Hizbut Tahrir membuatkan pemikiran-pemikirannya melalui diskusi dengan masyarakat, lingkar studi, ceramah, seminar, pendistribusian leaflet, penerbitan buku dan majalah dan via Internet.
Metodologi Hizbut Tahrir dijelaskan secara rinci dalam buku The Methodology of Hizb ut-Tahrir for Change.
Di mana Hizbut Tahrir beraktivitas?
Hizbut Tahrir beraktivitas di Eropa, Asia Tengah, Timur Tengah, anak benua India, Australasia dan Amerika.
Apakah Hizbut Tahrir menganjurkan kekerasan dan apakah Hizbut Tahrir menjadi kepanjangan tangan para teroris?
Hizbut Tahrir berkeyakinan bahwa perubahan yang dicita-citakan harus dimulai dari pemikiran orang-orang dan kami yakin orang-orang atau masyarakat tidak sanggup dipaksa untuk berubah dengan kekerasan dan teror. Konsekuensinya, Hizbut Tahrir tidak menganjurkan atau terlibat dalam kekerasan. Hizbut Tahrir sangat terikat terhadap aturan Islam dalam seluruh aspek perjuangannya. Hizbut Tahrir yaitu entitas intelektual dan politik Islam yang berupaya mengubah pemikiran umat melalui diskusi dan debat intelek. Kami memandang bahwa aturan Islam melarang penggunaan kekerasan atau usaha bersenjata melawan rezim penguasa sebagai metoda untuk menegakkan kembali Negara Islam.
Banyak sekali artikel yang dipublikasi di bermacam-macam kanal media, termasuk di antaranya Reuters, Itar-Tass, Pravda, AFP, Al-Hayat, AP dan RFERL, yang dengan terperinci menyatakan bahwa Hizbut Tahrir yaitu organisasi nonkekerasan yang menolak usaha bersenjata atau kekerasan sebagai bab dari metodologi partai.
Apakah Hizbut Tahrir kelompok ekstrimis?
Kelompok-kelompok ekstrimis mengeksploitasi rasa takut umat dan memperlihatkan argumen-argumen mentah menurut pemikiran yang lemah dan salah. Kami tidak bersembunyi di balik polemik dan slogan – kami yakin kekuatan pemikiran-pemikiran kami terlihat terperinci dalam literatur kami. Para anggota kami telah berdiskusi dan berdebat dengan beberapa pemikir terbaik di dunia ibarat Noam Chomsky, Daniel Bennett dan Flemming Larsen dari IMF, alasannya yaitu kami yakin satu-satunya cara untuk memajukan insan ialah dengan terlibat dalam diskusi dan debat global. Kami yakin kini ini sudah saatnya menghapuskan label kuno ‘ekstrimis’ dan ‘moderat’ dan kami pun yakin bahwa setiap orang yang mempunyai pandangan yang berbeda bisa terlibat dalam obrolan yang rasional. Jika Anda ingin salah seorang anggota kami berpartisipasi dalam debat atau diskusi panel yang Anda selenggarakan, silahkan kontak kami.
Apakah Hizbut Tahrir mempunyai relasi dengan kelompok-kelompok lain?
Hizbut Tahrir tidak ada relasi dengan gerakan, partai atau organisasi Islam atau non-islam, baik dari segi nama maupun aktivitasnya.
Mengapa Hizbut Tahrir dihentikan di banyak negara?
Hizbut Tahrir berada pada garis terdepan dalam kegiatan politik di Dunia Islam. Hizbut Tahrir telah menantang dan menjadi perhatian para penguasa tiran di Dunia Islam. Rezim-rezim tiran itu merespon kegiatan Hizbut Tahrir dengan cara memenjarakan, menyiksa dan membunuhi para anggota kami. Meskipun tantangan kami terhadap rezim-rezim ini berada pada tataran intelektual dan politik, yakni dengan melaksanakan debat dan diskusi, rezim-rezim ini mengambil langkah melarang dan membungkam partai, alasannya yaitu mereka tidak punya pemikiran intelektualnya sendiri. Karena rezim-rezim ini tidak menoleransi setiap oposisi, maka partai-partai yang beroposisi lainnya juga dilarang. Meskipun ada pelarangan dan intimidasi terhadap anggota-anggotanya, pemikiran-pemikiran Hizbut Tahrir terus menyebar di masyarakat.
Siapa yang mendanai Hizbut Tahrir?
Organisasi ini dibiayai sepenuhnya oleh anggota-anggotanya dan kami tidak mendapatkan segala bentuk dukungan dana dari pemerintahan manapun. Karena usaha Hizbut Tahrir terfokus pada penyebaran pemikiran, maka biaya operasinya sangat minim, alasannya yaitu pemikiran tidak perlu biaya.
Siapa dan di mana pemimpin Hizbut Tahrir?
Pemimpin global Hizbut Tahrir, Ata Abu Rushta, berada di dunia Islam. Beliau menulis sejumlah buku politik dan aturan Islam dan sebelumnya pernah menjadi juru bicara resmi partai. Selama menjadi juru bicara partai di Yordania dia pernah ditahan selama beberapa tahun sebagai tahanan politik. Sejak memangku amanah sebagai pemimpin partai dia pernah berbicara dalam konferensi di Yaman dan Pakistan. Beliau juga rutin berbicara di website resmi Kantor Media Hizbut Tahrir, www.hizb-ut-tahrir.info. Dengan adanya penganiayaan terhadap para anggota kami di Dunia Islam, kami tidak ingin membantu para penguasa tiran dengan memperlihatkan keberadaan pemimpin partai.
Dapatkah saya mengikuti pertemuan Hizbut Tahrir?
Semua pertemuan kami dilakukan secara terbuka dan siapapun yang tertarik, tanpa melihat pandangan politik dan intelektual mereka, berhak untuk berperan serta. Setiap penerima kami berikan hak untuk berpartisipasi dalam mendiskusikan isi pertemuan, apapun perilaku dan pandangan mereka terhadap Islam atau apapun materi pertemuan tersebut. Untuk mengetahui rincian pertemuan yang terdekat dengan Anda, silahkan hubungi kami.
Bagaimana caranya bergabung dengan Hizbut Tahrir?
Keanggotaan Hizbut Tahrir bersifat terbuka bagi seluruh Muslim, laki-laki maupun wanita, tanpa memandang suku bangsa, ras dan pedoman pemikiran, alasannya yaitu partai melihat mereka semua dari sudut pandang Islam. Seseorang sanggup menjadi anggota partai sesudah melaksanakan kajian dan perenungan mendalam wacana pemikiran-pemikiran dan pendapat-pendapat partai. Keanggotaan seseorang didasarkan pada kematangan individu dalam menguasai tsaqofah partai dan mengadopsi pemikiran dan pendapat partai.
Apakah perempuan terlibat dalam Hizbut Tahrir?
Di Hizbut Tahrir perempuan memainkan tugas aktif dalam rangka mencapai tujuan partai. Mereka melaksanakan usaha intelektual dan politik termasuk menyeru para penguasa di Dunia Islam untuk bangun dan berjuang melawan penindasan dan ketidakadilan. Banyak anggota perempuan di Hizbut Tahrir yang dipenjara sebagai tahanan politik oleh sejumlah rezim di Dunia Islam. Sesuai dengan aturan Islam, kegiatan perempuan terpisah dari kegiatan pria.
(sumber : www.1924.org ; Frequently Asked Question-About Hizb ut-Tahrir)

No comments:

Post a Comment